Jumat, 16 Maret 2012

Ended abstrak karya tulis


EKSISTENSIS “BALONG” SEBAGAI SALAH SATU SUMBER KETERSEDIAN AIR DI KECAMATAN SEMBAWA
Abi Muji Prawidiyanti, Fitriya Pratiwi dan Rini Acebeli
SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III
Extended Abstract

PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pengelolaan sumber daya air semakin hari semakin dihadapkan ke berbagai permasalahan. Permasalahan umum dalam pengelolaan sumber daya air pada dasarnya terdiri atas 3 aspek yaitu terlalu banyak air, kekurangan air dan pencemaran air. Peningkatan kebutuhan akan air telah menimbulkan eks-ploitasi sumber daya air secara berlebihan sehingga mengakibatkan penurunan daya dukung lingkungan sumber daya air yang pada gilirannya menurunkan kemampuan pasokan air. Gejala degradasi fungsi lingkungan sumber daya air ditandai dengan fluktuasi debit air di musim hujan dan kemarau yang semakin tajam, pencemaran air, berkurangnya kapasitas waduk dan lainnya. Pengelolaan sumber daya air perlu diarahkan secara holistik, untuk mewujudkan sinergi dan keterpaduan yang harmonis antar wilayah, antar sektor, dan antar generasi. Semua pihak terkait perlu dilibatkan dalam setiap tahap pengambilan keputusan dalam pengelolaan sumber daya air dari tahap perencanaan sampai dengan operasi dan pemeliharaan. Dalam pengelolaan sumber daya air, pemerintah daerah tidak boleh memandang air hanya sebagai komoditas ekonomi tetapi perlu mempertimbangkan fungsi sosialnya. Pemakai air perlu memberikan kontribusi biaya pengelolaan air, dengan prinsip pembayaran pengguna dan pembayaran polusi serta adanya subsidi silang.

RUMUSAN MASALAH
1.     Bagaimana kondisi sumber daya air di Balong di Kecamatan Sembawa ditinjau dari aspek lingkungan  dan kesehatan?
2.     Bagaimana pemanfaatan sumber daya air Balong di Kecamatan Sembawa?
3.     Bagaimana peran serta Pemerintah dalam pemanfaatan Balong sebagai sumber daya air bersih bagi masyarakat Sembawa ?
4.     Bagaimanakah solusi yang tepat dalam mengatasi permasalahan air di  Balong agar dapat dijadikan sebagai sumber air bersih di Kecamatan Sembawa?

Tujuan Penelitian
Karya tulis ini dibuat dengan tujuan antara lain :

1.     Mengetahui bagaimana kondisi sumber daya air di daerah Sembawa ditinjau dari aspek lingkungan dan kesehatan.
2.     Mengetahui pemanfaatan sumber daya air Balong di Kecamatan Sembawa.
3.     Untuk mengetahui peran serta Pemerintah dalam pemanfaatan Balong sebagai sumber daya air bersih bagi masyarakat Sembawa
4.     Mengetahui solusi yang tepat dalam mengatasi permasalahan air di  Balong agar dapat dijadikan sebagai sumber air bersih di Kecamatan Sembawa.

MANFAAT PENELITIAN
Manfaat penelitian dalam penelitian kali ini adalah sebagai berikut.
1.      Dapat menambah wawasan dan pengetahuan baik bagi Penulis maupun Pembaca mengenai sumber air di Balong di daerah Sembawa.
2.      Memberikan informasi kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan Balong sebagai sumber air yang baik.
3.      Memberikan informasi terhadap pemerintah agar pemerintah lebih memperhatikan setiap sumber air yang dapat dimanfaatkan dan dikonsumsi oleh masyarakat kabupaten banyuasin ini sendiri.

METODE PENELITIAN
A.    Metode Penelitian
Metode penelitian ini termasuk metode deskriptif yang dilaksanakan dengan tujuan memperoleh gambaran tentang keberadaan Balong  beserta pengaruhnya terhadap kualitas sumber air bersih di daerah Kecamatan Sembawa. Metode deskriptif  adalah proses pemecahan masalah yang diselidiki dengan melukiskan keadaan subjek dan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau bagaimana adanya.

B.    Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskiptif analisis yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran secara nyata terhadap kondisi dan permasalahan sumber daya air di Balong Kecamatan Sembawa.
C.    Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan di daerah Kecamatan Sembawa , Sumatera Selatan. Penelitian ini dilakukan pada  Januari 2012 – Februari 2012

D.    Metode Pengumpulan Data
Pengumpulan data pada penelitian kali ini dilakukan dengan menggunakan teknik studi pustaka, Observasi, dan Wawancara.

1.     Studi Pustaka
                   Studi pustaka dilakukan untuk menambah data agar data-data yang diambil lebih lengkap. Data-data diperoleh antara lain melalui media elektronik seperti melalui internet yang berhubungan.
2. Observasi
Observasi dilakukan untuk melihat  kondisi air Balong yang berada di kawasan Kecamatan Sembawa, Sumatera Selatan sebagai salah satu sumber air di kawasan Sembawa.
1.     Wawancara
Wawancara  dilakukan  untuk mendapatkan data lain seperti tanggapan atau respon dari para penduduk yang bertempat tinggal di Kecamatan Sembawa  terhadap dampak yang ditimbulkan dari keberadaan Balong terhadap kualitas sumber air bersih di daerah Kecamatan Sembawa.
E.    Analisis Data
Penganalisisan data dilakukan dengan menggunakan analisis kulitatif dan kuantitatif.
1.     Analisis Kualitatif
Analisis ini meliputi hal-hal mengenai gambaran umum mengenai keadaan Balong dan keberadaan air bersih di daerah Sembawa.

SIMPULAN
1.     Keberadaan Balong sebagai sumber air di Kecamatan Sembawa, ternyata belum dimanfaatkan secara maksimal baik bagi masyarakat di sekitar balong maupun pihak pemerintah Kabupaten Banyuasin
2.    Puluhan tahun yang lalu ternyata air yang berada di Balong dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitarnya sebagai sumber air minum dan pemenuhan kebubutuhan sehari-hari.
3.    Menjelang diadakannya PENAS KTNA 2007 di kawasan kabupaten Banyuasin kecamatan Sembawa, pemerintah kabupaten melakuka perbaikan, renovasi dan perluasan terhadap Balong, sehingga balong menjadi lebih indah dan lebih menhhasilkan nilai ekonomis yang tinggi dari sebelumnya.
4.    Setelah diadakannya PENAS KTNA tahun 2007 di kecamatan Sembawa, masyarakat di sekitar balong hanya memanfaatkan balong untuk mencuci, dan pengairan saja. Tetapi menggunakan air minum, mereka tidak berani untuk menggunakan air minum tersebut karena dianggap air balong tersebut sudah tidak layak konsumsi lagi.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2012.Desa Sembawa. dalam http://www.wikipedia.com (diakses pada 7 Januari 2012).
Anonim. 2012.Kabupaten Banyuasin dalam http://www.wikipedia.com (diakses pada 7 Januari 2012) .
Anonim. 2012. Air Bersih dalam http://www.wikipedia.com (diakses pada 10 Januari)
Anonim. 2012. Buku Air Minum dalam http://www.kelair.bppt.com (diakses pada 15 Februari 2012).
Anonim. 2012. Sumber Daya Air dalam http://www.bappenas.go.id (diakses pada 19 Januari 2012).
Anonim. 2012. PENAS KTNA dalam http://www.palembang.tribunews.com (diakses pada 23 Februari 2012).
Anonim. 2012.Permasalahan Sumber Daya Air dalam http://www.wikipedia.com (diakses pada 9 Januari 2012) .

















abstrak karya tulis kami. googgle.com

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com